Satu hari setelah pemilihan legislatif di Aceh Barat banyak posko-posko pemenangan dari partai nasional dan daerah telat merekap hasil suara yang masuk di setiap desa-desa.

Penghitungan surat suara di Kabupaten Aceh Barat kali ini sangat terlambat dibandingkan pemilu Tahun 2009 lalu menyebabkan banyak posko pemenangan  partai telat merekap hasil suara.

Contohnya di posko pemenangan partai amanat nasional di Kecamatan Johan Pahlawan pun masih menunggu data suara yang masuk dari desa-desa merekapun  masih belum bisa merekap hasil suara yang masuk ke DPD Partai Amanat Nasional di Kabupaten Aceh Barat.

Ketua posko pemenangan partai amanat nasional ismail mengatakan bahwa rekap hasil suara di tahun ini jauh terlambat di hasil pileg tahun 2009 lalu.

keterlambatan tersebut dikarenakan surat suara yang terlalu lebar dan banyak lipatan yang membuat para pemilih pemula dan lansia lamban dalam mencoblos di bilik tps.

Keterlambatan hasil rekap suara sementara juga di pengaruhi banyaknya daerah terpencil yang tidak memiliki jaringan komunikasi serta tidak dapat di lalui kendaraan bermotor seperti desa sikundo antoeng, sakuy, krueng meulaboh dan pucok woyla yang rata rata menghabiskan setengah hari perjalan kaki.

hal yang sama juga di alami oleh partai gerindra keterlambatan rekap suara juga di sebabkan para pemilih datang terlambat dan batas waktu pemungutan suara terbatas.

Ketua DPD Gerindra H. Ridwan Zainal mengaku baru tiga tps dari kecamatan johan pahlawan yang masuk ke posko.

keterlambatan hasil rekap suara sementara di kawatirkan para partai politik akan memberi peluang besar terjadi kecurangan di tingkat desa.

namun semua saksi partai akan terus mengawasi para panitia pengumutan suara di setiap desa di kabupaten aceh barat.

dari hasil pantauan di kelurahan Ujong Kalak Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat para anggota pps mengeluh.

M.Yusal, SE sekretaris pps kelurahan tersebut  mengatakan anggotanya sudah bekerja keras dalam mengentri data selama 24 jam dengan berbagai alasan.


rekapan surat suara di tps juga dipengaruhi terlambatnya pemasokan tong kertas suara ke desa-desa serta banyaknya masyarakat yang terkendala dalam mencoblos surat suara. (Aceh Barat - Arif Fahmi)

0 komentar:

Posting Komentar