Jelang Tahun baru 2014 satuan Laka Lalu Lintas Polres Aceh Barat menggelar Razia Hunting dalam operasi lilin rencong di seputaran kota meulaboh, Kabupaten Aceh Barat (31/12) berhasil mengamankan 37 sepeda motor yang terjaring dalam razia tersebut pelanggar didominasi anak-anak di bawah umur.

Dalam Razia Hunting yang dilakukan jajaran polres Kabupaten Aceh Barat,berhasil mengamankan 37 sepeda motor,yang tidak dilengkapi surat-surat dan aksesories lainnya.

Razia Hunting atau Razia Bergerak dengan cara mengejar para pelanggar laka lantas terhadap pengemudi sepeda motor yang tidak mengenakan helm dua, aksesoris sepmor, Surat Izin Mengemudi (SIM) dan surat-surat kelengkapan lainnya.

Kasat Lantas Aceh Barat Iptu M.Rizky Cholid mengatakan Razia Hunting sengaja di lakukan agar lebih cepat mengetahui pelanggar dengan kasat mata,dengan cara patroli dan mengejar para pelanggar,laka lantas,yang dilakukan oleh jajaran polres Aceh Barat bertujuan agar masyarakat sadar jika pengemudi dan penumpang sepeda motor wajib menggunakan helm dua dan perlengkapan aksesoris sepmor serta surat-surat kendaraannya.

Para pelanggar laka lantas banyak didominasi anak-anak di bawah umur,dan tidak menggunakan helm,sedikitnya 37 sepeda motor terjaring dalam razia tersebut.

Pengendara yang di tilang rata-rata melanggar Pasal 291 Undang undang nomor 22 tahun 2009 tentang penggunaan helm dengan ancaman satu bulan kurungan penjara atau denda Rp 250.000 dan Pasal 281 tentang surat izin mengemudi (SIM) dengan ancaman 4 bulan kurungan penjara atau denda Rp.1000.000 serta tidak nyalakan lampu di siang hari dengan ancaman 15 hari kurungan penjara atau membayar denda sebanyak Rp.100.000.

Para pengendara yang di tilang akan di serahkan berkasnya ke pengadilan negeri meulaboh pada tanggal 9 januari mendatang.

Seorang pengendara motor Romi (25) mengaku menyesal dengan sikap polisi yang menangkapnya dengan alasan tidak melakukan pemberitahuan kalau ada razia “Saya sangat menyesal dengan penangkapan ini, kenapa tidak dikasih tau atau rambu-rambu kalau ada razia” ucapnya kesal (Aceh Barat - Arif Fahmi)

0 komentar:

Posting Komentar