Marhaban yaa Ramadan, selamat datang Ramadan. Kedatangan bulan suci Ramadan setiap tahun selalu disambut meriah oleh umat Islam. Bermacam-macam bentuk kegiatan dilakukan masyarakat Nusantara untuk menyambut bulan penuh berkah ini.
Sejumlah daerah di Nusantara memiliki tradisi berbeda menyambut datangnya Ramadan. Meskipun sudah di era modern, tradisi itu masih rutin dilakukan setiap tahun.

Meugang
Meugang merupakan hari penyembelihan hewan ternak, kegiatan ini diadakan umumnya dua hari menjelang Ramadan yang dilakukan masyarakat Aceh. Dalam tradisi ini biasanya seluruh anggota keluarga dekat berkumpul sambil menyantap masakan daging yang telah disediakan.

Munggahan
Tradisi munggahan biasanya dilakukan oleh masyarakat Jawa Barat, khususnya etnis Sunda. Dalam tradisi ini masyarakat menyambut datangnya bulan suci Ramadan dengan berkumpul bersama keluarga, kerabat, maupun sanak famili untuk saling bermaaf-maafan.

Nyadran
Nyadran atau ziarah kubur ini biasaya dilakukan masyarakat Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Tradisi ini diwariskan sejak zaman Wali Songo sebagai bentuk akulturasi Islam dengan budaya Jawa yang masih terpengaruh animisme. Tak hanya ziarah kubur, tradisi nyadran juga dilakukan di masjid atau mushala.

Padusan
Padusan berasal dari kata "adus" yang berarti mandi atau mensucikan diri. Tradisi padusan biasanya dilakukan masyarakat Jawa Tengah, Jawa Timur dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Saat padusan, tempat-tempat seperti kolam, sungai maupun pantai akan dipenuhi masyarakat yang hendak melaksanakan padusan atau mensucikan diri beramai-ramai.

Ruwahan/Apeman
Menjelang datangnya bulan suci Ramadan, tradisi ruwahan atau apeman yang dilakukan masyarakat sekitar jawa tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta ini dilakukan dengan memasak kue tradisional bernama apem. Kue yang terbuat dari tepung beras ini menyimbolkan permohonan maaf atas kesalahan dan dosa.

Balimau
Secara harafiah, balimau berarti berlimau dalam bahasa Indonesia. Menjelang Ramadan, setiap orang Minang melakukan tradisi balimau, baik secara perorangan maupun beramai-ramai. Masyarakat Minang biasanya menggunakan limau untuk mencuci rambut yang bermakna menyucikan diri menyambut bulan suci Ramadan.

Jalur pacu
Di Kabupaten Kuantan Singing, Riau, masyarakatnya memiliki tradisi mirip lomba dayung. Tradisi jalur pacu ini digelar di sungai-sungai di Riau dengan menggunakan perahu tradisional.

Nyorog
Tradisi nyorog biasanya dilakukan oleh masyarakat Betawi di Jakarta. Caranya, dengan mengantarkan bingkisan untuk orang-orang terdekat. Isi bingkisan bisa macam-macam, berupa makanan atau bahan makanan mentah. Tradisi ini bermakna mempererat tali silaturahmi antar anggota keluarga dan kerabat.

Malamang
Malamang berasal dari kata lemang, makanan khas Sumatera Barat. Lemang terbuat dari beras ketan, santan dan pisang. Penganan lemang biasanya disantap bersama air tapai.
Khudori



0 komentar:

Posting Komentar